Salam Dangdut Indonesia!
Dangdut? Jelas 100% Indonesia, Rhoma Irama dan Sonetanya, Inul Daratista dan Ngebornya, Dewi Persik dan sensasinya, atau Zaskiya Gotik dengan Goyang itiknya, may be right, may be not? Yang jelas dangdut adalah
aliran musik made in Indonesia yang sedikit mengadopsi musik hindi yang khas dengan gendang atau sedikit goyangnya.
Pada era 60-an Mashabi dan Elia Khadam
artis untuk pertama memperkenalkan n melagukan, walau pada masa itu
semua masih relatif sederhana dalam segala hal, Syair, Lagu, Aransement
atau bahkan penampilan, tapi tetep aja angkat topi tinggi-tinggi buat
mereka berdua n para musisi yang mendukung mereka. Dan perlu di ingat
zaman ini masih belum lahir yang namanya Dangdut, nich masih asli Musik
Serumpun alias Musik Melayu.
Di era 70-an musik melayu ini semakin mendapat hati di telinga pencinta
musik tanah air khususnya di Jawa dan klimaknya pada tahun 1973 dengan
berkibarnya bendera Orkes Melayu ( OM ) Soneta yang di
motori oleh Rhoma Irama dan ditahun ini pulalah launching album perdana
Soneta , kemunculan Soneta rupanya jadi inspirasi musisi bahkan penyanyi
di Indonesia pada masa itu dan sudah barang tentu sampai sekarang, maka
muncullah penyani seperti A. Rafik, Nur Halimah, Elvi Sukaisi, Mansur S,
dll. Dari tahun ketahun perkembangan industri musik ditanah air semakin
mengila, tak terkecuali musik dangdut. Pada era 80 – 90-an musik
dangdut mulai mengalami metamorfosis, ada Pop Dangdut, Rock Dangdut,
Disco Dangdut dan pada akhirnya di era 2000-an booming aliran dangdut
baru yang disebut orang sebagai Dangdut Koplo. Siapa dan darimana asal,
macam apa pula musikkoplo?
Nah…. Ini yang akan kita kupas tuntas tanpa ada sensor
Apa yang membedakan dangdut koplo dengan dangdut lain? Nothing
difference! But, dangdut koplo memiliki specific characteristic pada
tempo dan permain gendang. Jadi kalau kita ‘mbahas dangdut koplo
pertanyakannya adalah siapa yang pertama kali yang memainkan gendang?
Dangdut koplo pertama kali di mainkan dalam sebuah komunitas kecil di
sebuah daerah pingiran kota Surabaya pada tahun1993 tepatnya di daerah
Girilaya atau lebih spesifiknya di “Gang Jarak”. Dan pada saat itu yang
pegang gendang adalah Cak Naryo bahkan saat itu
disebut dangdut kotekan ( Musik patrol untuk membangunkan warga di bulan
Romadhon pada saat sahur ). Permainan gendang Cak Naryo akhirnya
disempunakanoleh Cak Sugeng yang akhirnya menjadi dangdut koplo, pada era ini mulailah banyak bermunculan musisi dangdut koplo hingga akhirnya OM. Avita ( Cak Udin
yang pada saat itu pegang gendang ) mengenalkan dangdut yang enerjik
pada masyarakat Jawa Timur pada umumnya dan Surabaya pada khususnya.
Tapi seiring waktu banyak bermunculan Orkes-orkes Melayu semisal Bianglala, Pallapa, Monata, Sonata, Sera serta maraknya VCD bajakan
yang sangat berpengaruh pada berkembangnya musik Koplo di Jawa Timur,
akhirnya muncullah sosok penabuh gendang koplo yang mungkin paling
kreatif dengan segudang improfisasi sehingga “ mungkin “ sosok inilah
yang cukup berpengaruh dan mempengarui permainan gendang orkrs melayu
saat ini. Siapa tak kenal Cak Slamet New Palapa, menurut
beberapa sumber dan bahkan beberapa survei dari penggemar dangdut Indonesia, Cak Slamet bisa
dinobatkan sebagai The best of the bestnya pemukul kendang. Dalam
memainkan gendang Cak Slamet begitu menjiwai bahkan sangat-sangat menikmati
permainnan gendangnya. Sehingga banyak orang yang salah tafsir dengan
mengatakan yang ngoplo pertama kali adalah Cak Slamet New Pallapa, padahal
seperti uraian diatas, orang yang pantas dihormati dan di banggakan
adalah Cak Naryo kemudian Cak Sugeng, tapi tentu saja tidak mengurangi rasa hormat dan penghargaan kepada
Cak Slamet.
Permainan kendang slamet tidak bisa dianggap remeh, kelincahan serta
kecangihan memainkan jemari tangan diatas gendang emang tak perlu
diragukan lagi, belum lagi improfisasi dan kecerdasanya dalam mengolah
gendang adalah merupakan satu kelebihan dari si slamet, Salut es!
Tapi, sekali lagi, bukan perform musisi yang kita nilai semua, musisi
dangdut koplo cerdas cerdas dan cangih dalam bermain kendang, memang
dari masing masing pemaingendang memiliki ciri khas masing masing. dan
yang selalu membuat aku bangga kepada insan dangdut adalah kerja keras
untuk mempertahankan musik dangdut terus berkiprah di dunia industi
musik Indonesia.
salam kepada Musisi dan penyanyi Lokal maupun Nasional, jayalah selalu musik Tanah air.
kepada para pembaca mohon maaf apa bila ada kekeliruan dalam tulisan aq
ini, mungkin info yang aq korek kurang sempurna, aq mengharap masukan
dan kritik yang membangun, thanks n brovo musik dangdut tanah air.
Sumber Klik Disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar